Informasi Gadget Smartphone Handphone beserta Tips Trik mudah dengan Gambar

Sedikit Bahasan Tentang Patch

Pada postingan lalu saya menulis tentang Bagaimana Instal Life360 Locator di BlackBerry 10, tentunya kalau yang sudah membacanya akan mendapatkan sebuah pengetahuan baru tentang nya.

Namun setelah membaca lebih dalam tulisan saya sendiri, ada sebuah bagian dari tutor itu menjelaskan tentang proses Patch, dimana patch yang digunakan adalah Gmaps Patcher.

Kenapa ada proses itu? lebih sederhana lagi saya bertanya, apa patch itu? dari situ saya mulai kembali mencari-cari tentang Patch tersebut hingga saya menuliskan Sedikit Bahasan Tentang Patch.

Apa itu Patch?

Patch kalau diterjemahkan secara bebas diartikan Tambalan.
Merupakan sebuah metode untuk memperbaiki atau mengadakan perubahan pada sebuah program dengan cara cepat.
Biasanya patch menggunakan script-script tambahan untuk memodifikasi atau menambal celah-celah keamanan atau menghilangkan bug yang ditemukan dalam sebuah program.

Meskipun dimaksudkan untuk memperbaiki masalah, patch yang dirancang buruk kadang-kadang dapat menimbulkan masalah baru.
Dalam beberapa kasus khusus patch dibuat mungkin sengaja untuk melanggar fungsi, misalnya, dengan menghapus komponen pembaruan, lisensi atau menonaktifkan perangkat.

Apa fungsi dari Patch?

Berdasarkan pernyataan diatas fungsi dari patch antara lain, memperbaiki, memperbarui, penyempurnaan.

Jenis Patch

Selain patch official atau resmi yang dibuat oleh developer software atau aplikasi, patch ini juga ada yang dibuat oleh umum (unofficial)
dengan maksud mempermudah perbaikan sambil menunggu developer software atau aplikasi tersebut mengeluarkan patch nya.

Cara Kerja Patch

Meski patch dapat dirancang menjadi sebuah software atau aplikasi utuh, namun ada juga pengembang yang menyediakannya secara pembaruan online (auto update), jadi sebuah aplikasi akan dapat memperbaharui dirinya sendiri secara online, tanpa harus mendownload aplikasi khusus pembaruan, dan tidak harus melakukan restart perangkat.

Patch dianggap Sebagai Virus?

Namun pada sebagian kejadian patch sering juga di anggap virus oleh komputer ataupun perangkat lainnya, mungkin disebabkan oleh patch ini selain fungsinya diatas, program atau aplikasi patch ini sendiri juga membahayakan bagi operasi sistem dari sebuah perangkat yang kita gunakan.

Oleh karenanya banyak dari developer software atau aplikasi, ketika mengeluarkan patch aplikasinya, menyarankan untuk menonaktifkan antivirus sebelum menjalankan patch nya.

Ada baiknya kita membaca dengan teliti keterangan yang dituliskan developer pembuat patch sebelum menggunakannya, agar tidak salah dalam menggunakannya.

Saya rasa cukup sampai disini Sedikit Bahasan Tentang Patch ini, mungkin banyak kekurangan dari saya, atau banyak juga yang salah dari pemahaman saya,
namun saya tetap berharap semoga tulisan singkat ini dapat menambah pengetahuan mengenai Patch.

Terimakasih telah berkunjung. Salam


tulisan ini merujuk ke Wikipedia dan dari sumber-sumber lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

BBCustoms tempat berbagi segala hal tentang Gadget, berita, tips dan trik, tutorial, cara repair, perbaikan, software. Selamat Membaca, Terimakasih telah mampir
Copyright © Blackberry Customs. All rights reserved. Template by CB